36 Calon TKI Ilegal Diamankan

Kompas.com - 23/11/2010, 13:37 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebanyak 36 orang calon tenaga kerja Indonesia (TKI)yang diketahui akan bekerja di suatu tempat di luar negeri, Senin (22/11/2010) kemarin, diamankan oleh petugas Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara. Mereka diamankan dari lokasi penampungan di Jalan Enggano, Tanjung Priok.

"Kami mengamankan 36 (calon) TKI (yangd diduga) ilegal, yang ditemukan di Jalan Enggano Tanjung Priok," kata Kepala Polrestro Jakarta Utara Komisaris Besar Andap Budi Revianto di Polda Metro Jaya, Selasa.

Andap mengatakan, rencananya TKI itu akan menyeberang ke Bangka Belitung, namun belum diketahui akan bekerja di negara mana. Ke-36 TKI ini juga tidak mengantongi surat keterangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat, juga surat pengantar dari keluarga.

Polisi juga mencurigai dua orang pengumpul TKI itu, yakni Ar dan Da. Keduanya akan mengirimkan para tenaga kerja itu ke negara tetangga melalui jalur laut.

Andap mengatakan, puluhan TKI itu mayoritas berasal dari Brebes, Jawa Tengah dan Lampung. "Kami tidak akan memproses hukum terhadap 36 TKI ilegal karena hanya melakukan pelanggaran administrasi sesuai Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Pekerja Rumah Tangga," jelas Andap.

Polrestro Jakarta Utara akan menyerahkan para TKI itu kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk proses selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.