Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutan Bantul Kelebihan Kapasitas

Kompas.com - 22/11/2010, 17:30 WIB

BANTUL, KOMPAS.com- Jumlah penghuni rumah tahanan Pajangan Bantul, saat ini, melebihi kapasitas, karena mendapat limpahan dari lembaga pemasyarakatan Cebongan Sleman. Dikhawatirkan, para penghuni terjangkit penyakit menular seperti gatal-gatal karena daya dukung yang tidak sepadan.

Kapasitas rumah tahanan (rutan) Pajangan hanya 127 orang, namun saat ini jumlah penghuni tercatat 229 orang. Mereka terdiri dari 206 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Dari jumlah tersebut 83 orang berasal dari lapas Cebongan. "Mereka dipindahkan ke sini karena letusan Merapi. Kami belum tahu kapan mereka akan diambil kembali," kata Sirwan, Kepala Sub-Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Pajangan, Senin (22/11/2010).

Menurutnya, akibat lonjakan jumlah penghuni, kamar tahanan menjadi padat. Jika sebelumnya satu kamar diisi tujuh orang, kini bertambah menjadi 12-13 orang. "Kami khawatir mereka terjangkiti penyakit menular, terutama gatal-gatal. Sejauh ini memang belum ada yang terkena, namun jika berlangsung lama kami khawatir risiko tersebut terjadi," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com