Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UKP4 Ingatkan Daya Tahan Pengungsi

Kompas.com - 19/11/2010, 13:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto berharap para pengungsi dapat menjaga kondisi dan daya tahan tubuh, mengingat saat ini Gunung Merapi masih berstatus "awas".

Pandangan itu disampaikan Kuntoro saat ditanya pers seusai rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (19/11/2010) siang tadi. "Yang paling penting adalah bagaimana kita menyikapi perilaku Gunung Merapi yang akan berkepanjangan itu sehingga kita memiliki daya tahan kita pun harus cukup berkepanjangan," ujar Kuntoro.

Namun, kata Kuntoro, selain pemerintah yang harus mendukung para pengungsi, pemerintah juga harus mendukung pemulihan ekonomi di kawasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. "Itulah yang paling pokok dalam kondisi sekarang dalam menyikapi kondisi Gunung Merapi saat ini," katanya.

Saat ini, jumlah pengungsi Gunung Merapi hingga 18 November kemarin tercatat mencapai 280.000 jiwa, yang tersebar di 635 titik di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com