Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Bangkai Sapi Merapi Berserakan

Kompas.com - 17/11/2010, 13:45 WIB

KLATEN, KOMPAS.com — Ratusan bangkai sapi yang mati akibat terkena guyuran awan panas Gunung Merapi berserakan di berbagai tempat di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
     
"Ratusan ekor sapi yang mati terkena letusan Merapi itu sampai sekarang belum banyak yang dievakuasi. Akibatnya, di mana-mana tersebar bau bangkai," kata Karyono alias Cak Dul, anggota Orari Klaten di Posko Orari Dompol, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Rabu (17/11/2010).
     
Kematian ratusan sapi itu menyebabkan warga setempat mengalami kerugian hingga satu miliar rupiah lebih. Balerante merupakan daerah yang paling dekat dengan puncak Merapi sehingga desa ini yang paling parah menderita kerusakan di bandingkankan dengan yang lainnya yang ada di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
     
"Balerante yang jaraknya hanya empat kilometer dari puncak Merapi itu letaknya berada di lereng gunung tersebut, tanpa ada batas apa-apa. Akibatnya, ketika gunung tersebut erupsi langsung terguyur material vulkanik. Untuk itu, bagi relawan yang akan melakukan evakuasi di daerah ini juga harus berhati-hati karena memang tempatnya juga masih berbahaya dari ancaman Merapi yang bisa setiap saat terjadi," katanya.
     
Menyinggung mengenai masalah korban jiwa, Karyono mengatakan, untuk sementara ini telah ditemuakn empat orang yang meninggal.  "Apabila melihat kondisi di Balerante sekarang kemungkinan juga masih ada jenazah yang belum diketemukan," katanya.
     
Desa Balerante ada beberapa dukuh yang tertimbun material vulkanik dari Merapi yang kedalamannya  empat sampai lima meter dan abu-abu vulkanik itu sampai sekarang masih panas. Daerah yang paling parah yaitu Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang, Sukorejo, Ngelo, dan Banjarsari. "Dusun ini bisa dikatakan sudah rata dengan tanah dan bagi warga yang akan mencari rumahnya jelas mengalami kesulitan, apalagi untuk mencari batas-batas pekarangannya," katanya.
     
Sesuai data kependudukan yang ada di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, warga di Desa Balerante tercatat 1.662 jiwa dengan jumlah ternak 1.031 sapi dan 459 kambing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com