Polisi Bali Tidak Ikut Melindungi Gayus

Kompas.com - 16/11/2010, 16:11 WIB
EditorBenny N Joewono

SINGARAJA, KOMPAS.com - Kapolda Bali Irjen Pol Hadiatmoko menegaskan, tidak ada anggotanya yang terlibat ikut memberikan perlindungan kepada Gayus Tambunan, saat terdakwa kasus penggelapan pajak itu berada di Pulau Dewata.

"Saya berani menjamin, bahwa tak satu pun anggota polda yang turut serta dalam meloloskan Gayus dari Bandara Ngurah Rai," katanya seusai pertemuan dengan jajaran Polres Buleleng di Singaraja, Selasa (16/11/2010).

Ia menegaskan, pihaknya tetap mendukung penegakan supremasi hukum dan berkewajiban membantu Mabes Polri dalam penuntasan kasus tersebut.

Pihaknya tidak turut serta dalam penyelidikan kasus lepasnya Gayus Tambunan dari Rumah Tahanan Mako Brimob hingga bisa berada di Bali untuk menonton pertandingan tenis.

"Walau dia sempat ke Bali, tapi itu sudah menjadi kewenangan langsung Mabes Polri untuk melakukan penyelidikan dan telah dibentuk tim khusus dari Jakarta yang menangani kasus tersebut," ujar Hadiatmoko.

Polda Bali hanya membantu pengungkapan kasus tersebut, tapi tidak turut membentuk tim khusus.

"Lagi pula, Gayus sudah mengakui kepergiannya ke Bali untuk menonton pertandingan tenis di kawasan Nusa Dua dan saat ini tinggal melakukan pengembangan saja," ujar Hadiatmoko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.