Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dos & Don'ts Saat "Table Manner"

Kompas.com - 15/11/2010, 14:11 WIB

KOMPAS.com - Siapapun Anda, dengan berbagai profesi yang dijalani, perlu memahami ilmu etiket di meja makan. Dengan menguasai table manner, Anda akan lebih mudah menyesuaikan diri, percaya diri, nyaman dan tak canggung saat harus menghadiri undangan jamuan makan.

Meski berada di antara orang asing, perilaku Anda yang tepat saat jamuan makan akan menjadi bekal untuk beradaptasi dalam berbagai kondisi. Bahkan ibu rumah tangga pun perlu memahami ilmu ini. Agar tak salah memilih atau menggunakan alat makan, atau tahu cara menempatkan diri saat harus mendampingi suami dalam jamuan makan. Table manner diperlukan dalam jamuan makan sederhana bersama teman, formal bersama klien bisnis, atau bahkan undangan gala dinner.

"Table manner tidak kaku, jika Anda meyakini budaya atau kebiasaan tertentu, tak apa tetap dijalankan asal penggunaannya tepat. Misalnya, Anda meyakini makan harus dengan tangan kanan, sementara umumnya pisau makan berada di tangan kanan Anda. Tak jadi soal jika Anda meletakkan pisau lalu makan dengan sendok menggunakan tangan kanan. Cara ini etis saja dan orang lain akan memahami bahkan menghargai budaya yang Anda yakini," papar Slamet Dwi Santoso, F & B Coordinator yang juga instruktur Table Manner dari Hotel Grand Sahid Jaya, dalam Table Manners Class yang diadakan Share Positive Minds beberapa waktu lalu.

Praktisnya, berikut etiket makan yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan dalam jamuan makan.

Cara bicara
Selera makan dipengaruhi sikap Anda di meja makan. Termasuk cara bicara hingga busana dan riasan yang tepat sesuai acara. Kali ini, kita fokus pada cara bicara saja.

"Gunakan magic word, 'please' dan 'thank you'," jelas Dwi.

Saat makanan disajikan di meja Anda, ucapkan terima kasih. Begitupun saat pelayan mengantarkan alat makan yang Anda minta, seperti sendok atau lainnya.

Alat makan
Saat dipersilakan duduk di meja makan, Anda berhadapan dengan berbagai alat makan dengan fungsi berbeda. Umumnya, untuk jamuan makan dengan penyajian makan berupa set menu, di meja akan disediakan seperangkat alat makan.

Di meja, mulai bagian ujung sebelah kiri terdapat dessert fork dan dinner fork. Kemudian bagian kanan paling kiri terdapat dinner knife, dinner spoon, soup spoon, dan paling ujung kanan adalah dessert knife. Sementara pisau yang diletakkan di atas piring adalah bread & butter spreader untuk roti sebagai makanan pembuka. Satu lagi, sendok di depan Anda yang diletakkan paling atas digunakan untuk makanan penutup atau dessert spoon. Untuk tea spoon biasanya sudah diletakkan berpasangan dengan cangkir di meja Anda.

Nah, jika salah satu dari alat makan tersebut terjatuh atau kotor, Anda boleh meminta gantinya. Tentunya terdapat cara yang etis untuk meminta bantuan pelayan. Bagian ini akan dibahas berikutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com