Mahfud MD Tokoh Terpopuler

Kompas.com - 09/11/2010, 05:53 WIB
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil kajian pemberitaan Charta Politika selama sepekan lalu menunjukkan, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjadi tokoh terpopuler selama sepekan pemberitaan.

"Mahfud MD tampil menjadi tokoh terpopuler karena pernyataannya paling sering dikutip dan ditampilkan oleh surat kabar dalam sepekan ini, periode 29 Oktober-4 November 2010," sebut hasil laporan kajian Charta Politika yang dikutip ANTARA, Senin.

Kajian itu menyatakan, Mahfud MD menggantikan Bambang Hendarso Danuri yang menjadi tokoh terpopuler pada periode sebelumnya.

Mahfud MD mengungguli tokoh-tokoh lain, seperti Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, Ketua Fraksi PAN DPR Tjatur Sapto Edy, dan Mantan Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mahendra.

Hasil analisis media Charta Politika menunjukkan intensitas pernyataan Mahfud MD sebanyak 31 kali, meninggalkan Priyo Budi Santoso di peringkat dua dengan jumlah pernyataan sebanyak 21 kali, Surono (17), Tjatur Sapto Edy (17), dan Yusril Ihza Mahendra (17).

Mahfud MD memberikan pernyataan di lima isu yang berbeda pada sepekan terakhir. Intensitas pernyataan tertinggi terdapat pada isu Dugaan Suap Hakim MK sebanyak 19 kali pernyataan.

Tone pernyataan Mahfud MD cenderung netral dan positif. Mahfud mengklarifikasi dan menentang segala tuduhan adanya praktik mafia kasus di lingkungan Mahkamah Konstitusi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, Mahfud siap mundur dari jabatannya jika ada mafia perkara yang melibatkan hakim MK, tetapi dirinya tidak bisa mengantar pelaku ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Intensitas pernyataan Mahfud MD terdapat pada empat hari selama sepekan. Jumlah intensitas tertinggi pernyataannya pada Rabu (3/11/2010) dengan jumlah intensitas sebanyak 20 kali pernyataan. Sementara, rata-rata jumlah pernyataan di tiga hari lain hanya berjumlah empat kali.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X