Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kesehatan Lewat Kuku

Kompas.com - 03/11/2010, 09:27 WIB

Melihat kondisi kuku menjadi salah satu cara mudah untuk mengintip status kesehatan seseorang. Warna kuku yang sehat adalah berwarna merah jambu. Jika muncul bercak putih atau warna kuning, itu bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan. Penyakit pada liver, paru, atau jantung juga bisa dideteksi lewat kondisi kuku. Apa yang dikatakan kuku terhadap kondisi kesehatan Anda?

Kuku pucat Kuku yang berwarna agak putih atau pucat seringkali terkait dengan faktor penuaan. Akan tetapi kuku dengan warna tersebut juga bisa menjadi tanda beberapa penyakit, seperti anemia, gangguan jantung, penyakit liver, serta kurang gizi.

Kuku putih Bila hampir seluruh bagian kuku berwarna putih dengan lengkungan berwarna gelap, ini bisa menjadi indikasi gangguan pada hati, seperti penyakit hepatitis.

Kuku kuning Penyebab paling sering kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Dengan semakin parahnya infeksi, kuku akan menjadi rapuh dan mudah patah. Pada kondisi yang langka, kuku kuning juga bisa mengindikasikan gangguan tiroid, penyakit paru, atau psoriasis.

Kebiruan Warna kuku yang agak biru bisa menjadi pertanda tubuh kekurangan oksigen. Hal ini juga bisa menjadi indikator infeksi di paru, seperti pneumonia (radang paru). Penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah diabetes.

Bintik-bintik Kuku yang berbintik-bintik kemungkinan adalah gejala awal psoriasis atau peradangan artritis.

Rapuh dan patah Kuku yang kering, rapuh dan sering patah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Sementara itu kuku yang berwarna kuning dan mudah patah biasanya disebabkan oleh infeksi jamur.

Bengkak di sekitar kuku Bila kulit di sekeliling kuku terlihat merah dan bengkak, mungkin telah terjadi peradangan. Penyebabnya antara lain penyakit lupus atau gangguan jaringan.

Garis hitam Munculnya garis vertikal berwarna kehitaman perlu diwaspadai karena itu bisa jadi tanda melanoma, tipe kanker kulit yang berbahaya. Segeralah periksa ke dokter.

Sering digigit Menggigit kuku mungkin salah satu kebiasan buruk Anda yang sulit diubah. Namun pada banyak kasus kebiasaan menggigit kuku bisa menjadi tanda gangguan mental, seperti kecemasan atau gangguan obsesif kompulsif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com