PKB Siap Rangkul Parpol

Kompas.com - 01/11/2010, 04:23 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Partai Kebangkitan Bangsa siap merangkul partai politik nonparlemen serumpun, yang memiliki basis massa sama, yakni kalangan Nahdlatul Ulama. Tidak tertutup kemungkinan parpol serumpun itu bergabung untuk mengembalikan kejayaan PKB pada Pemilihan Umum 2014.

Menurut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Jakarta, Minggu (31/10), konfederasi adalah salah satu cara yang bisa ditempuh parpol untuk bisa bertahan menghadapi rencana kenaikan ambang batas parlemen pada Pemilu 2014.

Namun hingga kini, PKB belum memikirkan rencana konfederasi meski parpol lain, seperti Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), sudah mulai menyiapkan dengan parpol nonparlemen. ”Kami belum sampai melangkah ke konfederasi, tetapi merapikan barisan untuk mempertahankan 13 persen suara,” katanya.

PKB siap merangkul parpol nonparlemen yang memiliki basis massa sama, seperti Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) yang didirikan tahun 2006. ”Kami sudah bicara dengan tokoh PKNU dan mereka siap bergabung,” katanya.

Bahkan, menurut dia, beberapa pengurus cabang PKNU di Jawa Timur sudah melebur dengan PKB. Karena itu, PKB lebih memilih model penggabungan atau peleburan parpol dibanding konfederasi.

Upaya penggabungan juga dilakukan sejumlah parpol nonparlemen yang tergabung di Forum Persatuan Nasional (FPN). ”Kepastiannya seperti apa akan diputuskan tahun 2011,” kata Sekjen Dewan Presidium FPN Didi Supriyanto. (nta)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.