Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Gresik Ramai-ramai Kunker

Kompas.com - 26/10/2010, 20:36 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Berdalih mencari masukan dan studi banding membahas lima rancangan peraturan daerah, anggota DPRD Gresik ramai-ramai mengagendakan kunjungan kerja ke berbagai kota di tanah Air. Sebelumnya DPRD membentuk lima panitia khusus masing-masing membahas satu reperda.

Kunjungan kerja dijadwalkan berlangsung hingga 10 November mendatang. Mereka akan berangkat dengan perwakilan pejabat Pemkab yang berwenang dengan Raperda tersebut. Masing-masing pansus minta jatah kunjungan kerja tiga kali. Satu kali ke Jakarta, satu kali ke luar Pulau Jawa, dan satu kali ke kota/kabupaten lain di Provinsi Jawa Timur.

Sebagai contoh Pansus raperda retribusi khusus memilih ke Bali dengan dalih pengayaan materi dan konsultasi. Mereka juga menyiapkan kunker ke Kediri plus konsultasi ke Jakarta. Pansus Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), memilih ke Batam dilanjutkan ke Probolinggo lalu ke Jakarta untuk konsultasi.

Sejak dilantik Agustus 2009, DPRD Gresik tidak menelurkan raperda hasil inisiatif DPRD. Fungsi legislasi DPRD membuat rancangan perda mandul. Bahkan raperda tentang pajak dan retribusi sama dan bahkan lebih lengkap dan lebih bagus yang diusulkan Pemkab Gresik.

Wakil Ketua DPRD Gresik Susianto, Selasa (26/10/2010) menyatakan semua agenda yang dilakukan itu sudah melalui berbagai pertimbangan. Dalam pembahasan sebuah perda, dibutuhkan masukan, agar Perda yang dibuat tidak bermasalah.

Menurut Susianto, meskipun gagal membuat Perda inisiatif, fungsi DPRD dalam penyusuan Perda sangat vital. "Dewan selalu mengawasi dan meneliti semua draf. Jika ada yang tidak pas, tentu akan diubah. Yang penting ada sinergi dalam pengesahan," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com