Sterilisasi Jalur, Tilang Ditingkatkan

Kompas.com - 25/10/2010, 14:06 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI meminta kepada pihak Kepolisian agar meningkatkan penindakan hukum yang berupa tilang terhadap penggendara yang nekat menerobos jalur Transjakarta.

YLKI menilai, upaya penegakkan hukum terhadap penyerobot jalur Transjakarta masih rendah. Berdasarkan survei YLKI, 56 persen responden menyerobot jalur Transjakarta karena merasa yakin tidak akan ditilang.

"Bukan hal yang aneh jika rendahnya penegakkan hukum ini menjadi pemicu utama terjadinya penyerobotan jalur Transjakarta," ujar anggota pengurus harian YLKI, Tulus Abadi, dalam jumpa pers di Hotel Lumire, Jakarta, Senin (25/10/2010).

Sejak 2 Agustus Polda Metro Jaya memberlakukan program sterilisasi jalur Transjakarta demi membantu peningkatan pelayanan Transjakarta. Menurut Kepala Sub Direktorat Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP K Pinem, pihaknya telah melalukan penindakan ketat terhadap penyerobot jalur Transjakarta.

"Kita melakukan penindakan, tapi tidak harus selalu dengan tilang, biasanya kita alihkan," katanya dalam kesempatan yang sama.

Sejak diberlakukannya program sterilisasi hingga 10 Oktober, kata Pinem, pihaknya telah menilang 19.887 pelanggar dari empat koridor Busway. "Di koridor satu itu 1.324, di koridor tiga itu 6.149, di lima, 6.301, di koridor enam, 6.200," katanya.

Pinem juga mengatakan, pihaknya terus melakukan penjagaan jalur Transjakarta ditambah patroli, dan menginformasikan kepada masyarakat mengenai larangan penerobosan jalur Transjakarta itu. "Lalu ada palang itu, saya kira sangat membantu," imbuhnya.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X