Sertijab Kapolri Berlangsung Tertutup

Kompas.com - 25/10/2010, 08:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian RI akan melakukan serah terima jabatan  Kepala Polri dari Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri kepada Jenderal (Pol) Timur Pradopo di ruang utama Mabes Polri, Senin (25/10/2010). Namun, sertijab kali ini berlangsung tertutup.

"Hanya untuk internal saja," kata AKBP Junaedi, salah satu staf Humas Polri sebelum acara. Rencananya, acara akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Dikatakan Junaedi, acara dihadiri oleh seluruh pejabat utama Mabes Polri, para perwira menengah, dan tamu undangan di antaranya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Salah satu acara, yakni amanat terakhir dari Bambang dilanjutkan amanat dari Timur.

Setelah itu, kata dia, Bambang dan Timur akan menggelar jumpa pers bersama Kepala Divisi Humas Polri Irjen Iskandar Hasan. "Rencananya jumpa pers pukul 11.00," katanya.

Seperti diberitakan, Timur resmi dilantik sebagai Kepala Polri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, Jumat (22/10/2010). Timur terpilih secara aklamasi sebagai Kepala Polri saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR.

Timur adalah salah satu dari delapan nama yang diserahkan Bambang ke Kompolnas. Secara mengejutkan, Timur dipilih menyingkirkan tujuh kandidat lain, di antaranya Komjen Nanan Soekarna (Irwasum Polri), Komjen Imam Sudjarwo (Kalemdiklat Polri), dan Komjen Ito Sumardi (Kabareskrim Polri).


EditorGlori K. Wadrianto

Close Ads X