Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo di Bandara Dibubarkan

Kompas.com - 23/10/2010, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi demonstrasi yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Tolak Studi Banding DPR RI ke Luar Negeri akhirnya dibubarkan pihak Polresta Bandara, Sabtu (23/10/2010).

Aksi negosiasi antara pihak kepolisian dan pendemo sempat terjadi beberapa kali. Pendemo meminta waktu untuk berorasi menunggu kedatangan anggota Badan Kehormatan DPR RI yang akan berangkat ke Yunani.

Menurut Kapolresta Bandara Kombes Turnagogo Sihombing, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2009, di bandara tidak boleh ada demonstrasi.

"Di bandara ini kita harus menciptakan suasana yang aman dan nyaman. Untuk itu, seoptimal mungkin kita melakukan konsolidasi dengan mereka karena berdemo di bandara tidak diperkenankan, siapa pun tidak boleh, tanpa ada pengecualian," jelas Turnagogo saat ditemui di terminal keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta.

Kekecewaan pun dirasakan para demonstran karena waktu yang digunakan untuk berorasi sangat sedikit. Hampir satu jam mereka berorasi di pintu masuk keberangkatan bandara.

"Aksi sebenarnya tidak mengganggu, tapi kita tidak diberikan kesempatan oleh polisi, untuk itu terakhir kita akan bacakan pernyataan sikap," kata orator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com