Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jak-TV dan 12 TV Lokal Tayang ABL-NBA

Kompas.com - 19/10/2010, 16:10 WIB

JAKARTA, Kompas.com — Jak-TV, sebagai satu-satunya televisi lokal di Jakarta yang memiliki program pemberitaan terlengkap serta program bola basket kelas dunia, National Basketball Association (NBA) dan ASEAN Basketball League (ABL), mendapat kehormatan sebagai pusat siaran berjaringan bagi 12 televisi lokal yang tergabung dalam kerja sama antara televisi lokal. Menurut Direktur Jak-TV Yahya Basalamah, tahap awal kerja sama penayangan bersama itu meliputi program talk show B-Jak, yaitu ABL dan NBA.

Talk show B-Jak tayang setiap hari Senin hingga Jumat mulai 1 November 2010 pukul 21.00 WIB, kemudian program ABL setiap Sabtu mulai 16 Oktober 2010 pukul 18.00 WIB, dan NBA setiap Minggu mulai 31 Oktober 2010 pukul 18.00 WIB.

Kerja sama antar-televisi lokal dengan bentuk yang lebih nyata ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Itulah yang mendasari kesepakatan antara 12 televisi lokal dari seluruh penjuru Indonesia untuk melakukan siaran bersama atau berjaringan secara langsung untuk beberapa program.

Menurut Yahya, konsep kerja sama antara televisi lokal terkait penayangan beberapa program di Jak-TV ini dilaksanakan setelah mendengar dan melihat kebutuhan masing-masing stasiun televisi. Dengan demikian, prinsip saling menguntungkan menjadi kesepakatan dasar seluruh pihak yang terlibat.

Terpilihnya program basket ABL dan NBA menjadi sinergi televisi lokal ini didasarkan pada pengalaman kerja sama terdahulu. Program yang menghadirkan para jago basket Asia, termasuk Indonesia, di ajang ABL dan bintang basket dunia di NBA sangat diminati masyarakat Indonesia. Sementara talk show B-Jak dipilih untuk menjembatani kepentingan pusat dan daerah, yang dikemas dalam bentuk perbincangan santai, tetapi kritis dan mencerdaskan.

Kepala Departemen Produksi Jak-TV Soni Soemarsono mengungkapkan, sikap konsisten Jak-TV untuk menayangkan program olahraga, khususnya basket kelas dunia NBA, tetap didasarkan pada upaya memanjakan para basket mania. Kehadiran ABL menjadi pelengkap, yang diyakini akan semakin mempertebal loyalitas pemirsa Jak-TV dan ke-12 partner televisi lokalnya.

Berikut ini 13 stasiun televisi lokal yang menjadi pionir sinergi kerja sama penayangan bersama:

1. Jak-TV (Jakarta) 2. Garuda Vision (Bandung) 3. Jatiluhur TV (Purwakarta) 4. BBS TV (Surabaya) 5. Dhoho TV (Kediri) 6. Lombok TV (Lombok) 7. Favorit TV (Padang) 8. Bengkulu TV (Bengkulu) 9. Tegar TV (Lampung) 10. Banjar TV (Banjarmasin) 11. PKTV (Bontang) 12. Palu TV (Palu) 13. Ruai TV (Pontianak)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com