Serap IPO KS, Jamsostek Siapkan Rp 500 M

Kompas.com - 19/10/2010, 14:49 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jamsostek (Persero) akan menjadi pembeli PT Krakatau Steel yang menawarkan saham perdana (IPO) pada akhir November 2010, dengan dana yang disiapkan sekitar Rp 500 miliar.

"Untuk membeli saham KS, kami akan mencairkan dana deposito," kata Direktur Utama Jamsostek, Hotbonar Sinaga, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (19/10/2010).

Menurut Hotbonar, saham merupakan bagian dari target alokasi penempatan dana milik Jamsostek, selain deposito dan oabligasi. "Kami masih melakukan kajian. Berapa saham yang akan kami serap masih dibahas," ujarnya.

Listing perdana KS dijadwalkan pada 10 November 2010, dengan perkiraan harga pada rentang Rp800-1.150 per lembar. Adapun jumlah saham yang akan dilepas produsen baja plat merah ini kepada publik sebesar 19,61 persen.

Meski menyiapkan dana yang cukup besar, namun Hotbonar tidak merinci lebih lanjut berapa besar yang akan dibelanjakan untuk saham KS.

Sementara itu, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, menuturkan, kisaran harga saham IPO KS Rp 800-Rp 1.150 per saham. "Penentuan harga saham KS disesuikan dengan perkembangan harga baja global yang cenderung turun," kata Mustafa.

Mustafa menuturkan, IPO KS akan menarik minat investor, karena prospek pasar baja di dalam negeri tetap bagus. "Kami yakin penawaran saham KS akan kelebihan permintaan hingga sekitar tiga sampai lima kali lipat," tegas Mustafa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.