Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti, Jakarta Ambles hingga 1 Meter

Kompas.com - 01/10/2010, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama delapan tahun terakhir, kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, mengalami penurunan muka tanah paling dalam dibanding daerah-daerah lain di Jakarta. Penurunan tanah ini terjadi hingga daerah Cibubur dengan kedalaman bervariasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Yusuf Effendi Pohan, Jumat (1/10/2010), mengatakan, penurunan tanah di Jakarta terjadi karena empat faktor, yakni pengambilan air tanah yang berlebihan, eksploitasi minyak dan gas, beban bangunan, serta konsolidasi alamiah lapisan tanah.

Akan tetapi, katanya, kedalaman penurunan tanah ini sangat tergantung pada karakteristik tanah itu sendiri sehingga kedalaman amblesan di satu lokasi akan berbeda dibanding amblesan di daerah lain. Penurunan tanah ini juga tidak selalu sama setiap tahunnya.

"Khusus di Jakarta, eksploitasi minyak dan gas tidak ada. Namun, data penurunan ini bersifat parsial dan temporer karena sangat tergantung pada kondisi tanah," kata Yusuf dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Jumat sore.

Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Energi DKI pada 60 titik pantau di Jakarta dan sekitarnya, wilayah Muara Baru mengalami penurunan tanah paling dalam. Sejak 2002-2010, lokasi ini ambles sedalam 116 cm. Wilayah lain yang mengalami penurunan tanah cukup dalam adalah Cengkareng barat, yakni sedalam 65 cm.

Pada periode yang sama, kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, menurun sedalam 47 cm, sedangkan di kawasan Jalan Thamrin terjadi penurunan sedalam 15 cm. Tanah di selatan Jakarta juga jeblok. Hal ini dibuktikan dengan penurunan sedalam 11 cm di wilayah Cibubur dan sekitarnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com