Seorang Pria Jual Diri di eBay

Kompas.com - 30/09/2010, 11:13 WIB
EditorEgidius Patnistik

LONDON, KOMPAS.com Seorang ayah pengangguran berupaya menjual keterampilannya selama setahun melalui situs belanja online eBay demi mendukung keluarganya. Ia tidak menetapkan harga minimal untuk kemampuannya.

Pria itu, desainer grafis Tristam Rossin yang berusia 36 tahun dari Cheshire, Inggris, mengambil langkah drastis ini setelah tidak memperoleh pekerjaan selama dua bulan terakhir dan tabungannya habis. "Saya punya istri dan tiga anak yang harus diberi makan, jadi ini merupakan usaha yang sangat serius bagi saya. Ini bukan tipuan," katanya seperti dikutip Telegraph, Rabu (29/9/2010).

Ia berusaha menjual keterampilannya sebagai seorang desainer grafis selama 40 jam seminggu, selama satu tahun. Pekerjaan terakhirnya sebagai desainer bergaji 27.000 poundsterling setahun. Namun, ia tidak berharap upaya menjual jasa di eBay tersebut bisa membuat penghasilannya mencapai angka sebesar itu.

Meski demikian, iklannya telah dihapus oleh eBay. Raksasa online tersebut mengatakan, iklan itu melanggar kebijakan mereka.

Sementara itu, Rossin mengatakan  akan bekerja untuk setahun penuh, apa pun hasil dari tawaran itu, yang sebelum dihapus, hanya mencapai 3.100 poundsterling. Ia mengatakan, "Saya memiliki pengalaman 12 tahun, tapi saya hanya bekerja paruh waktu sebagai desain grafis dalam beberapa tahun terakhir karena keluarga membeli perkemahan di Perancis. Kami ingin minum anggur dan bersenang-senang, tapi kami segera menyadari bahwa hal ini tidak akan terjadi."

Ia menambahkan, "Bisnis perkemahan itu tidak berhasil dan kami kembali ke Inggris. Saya sudah melamar pekerjaan ke mana-mana, tapi saya harus bersaing dengan ratusan pelamar. Ini adalah pasar yang ketat dan saya tahu bahwa saya harus melakukan sesuatu yang drastis."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X