Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Jual Diri di eBay

Kompas.com - 30/09/2010, 11:13 WIB

LONDON, KOMPAS.com Seorang ayah pengangguran berupaya menjual keterampilannya selama setahun melalui situs belanja online eBay demi mendukung keluarganya. Ia tidak menetapkan harga minimal untuk kemampuannya.

Pria itu, desainer grafis Tristam Rossin yang berusia 36 tahun dari Cheshire, Inggris, mengambil langkah drastis ini setelah tidak memperoleh pekerjaan selama dua bulan terakhir dan tabungannya habis. "Saya punya istri dan tiga anak yang harus diberi makan, jadi ini merupakan usaha yang sangat serius bagi saya. Ini bukan tipuan," katanya seperti dikutip Telegraph, Rabu (29/9/2010).

Ia berusaha menjual keterampilannya sebagai seorang desainer grafis selama 40 jam seminggu, selama satu tahun. Pekerjaan terakhirnya sebagai desainer bergaji 27.000 poundsterling setahun. Namun, ia tidak berharap upaya menjual jasa di eBay tersebut bisa membuat penghasilannya mencapai angka sebesar itu.

Meski demikian, iklannya telah dihapus oleh eBay. Raksasa online tersebut mengatakan, iklan itu melanggar kebijakan mereka.

Sementara itu, Rossin mengatakan  akan bekerja untuk setahun penuh, apa pun hasil dari tawaran itu, yang sebelum dihapus, hanya mencapai 3.100 poundsterling. Ia mengatakan, "Saya memiliki pengalaman 12 tahun, tapi saya hanya bekerja paruh waktu sebagai desain grafis dalam beberapa tahun terakhir karena keluarga membeli perkemahan di Perancis. Kami ingin minum anggur dan bersenang-senang, tapi kami segera menyadari bahwa hal ini tidak akan terjadi."

Ia menambahkan, "Bisnis perkemahan itu tidak berhasil dan kami kembali ke Inggris. Saya sudah melamar pekerjaan ke mana-mana, tapi saya harus bersaing dengan ratusan pelamar. Ini adalah pasar yang ketat dan saya tahu bahwa saya harus melakukan sesuatu yang drastis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com