Inilah 14 Calon Anggota Komisi Yudisial - Kompas.com

Inilah 14 Calon Anggota Komisi Yudisial

Kompas.com - 23/09/2010, 14:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Panitia Seleksi Pemilihan Ketua Komisi Yudisial membawa 14 nama calon anggota Komisi Yudisial kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (23/9/2010). Ke-14 nama itu akan dibawa ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebelum dipilih menjadi anggota KY.

Ke-14 nama calon tersebut dan latar belakangnya adalah sebagai berikut:

1. Jawahir Thontowi (akademisi)

2. Suparman Marzuki (akademisi)

3. Ibrahum (akademisi)

4. Mangasa Manurung (praktisi)

5. Hermansyah (akademisi)

6. Iman Anshori Saleh (masyarakat)

7. H Abbas Said (hakim)

8. Taufiqurrohman S (akademisi)

9. Eman Suparman (akademisi)

10. Hasanuddin (akademisi)

11. Abdul Ficar Hadjar (masyarakat)

12. JMT Simatupang (hakim)

13. Jaja Ahmad Jayus (akademisi)

14. Sumali (akademisi)

Dari 14 nama itu, akan dipilih tujuh komisioner Komisi Yudisial yang akan menggantikan para komisioner pimpinan Busyro Muqoddas.

"Kami melihat bukan hanya dari kemampuan, kami juga melihat rekam jejak, catatan dari masyarakat, dan kepribadian masing-masing," ungkap Ketua Pansel Harkristuti Harkrisnowo seusai bertemu Presiden.

Harkristuti mengatakan, para calon anggota KY tidak terlalu terkenal seperti para calon anggota KPK sebelumnya. Namun, pansel berharap DPR akan memilih orang-orang yang terbaik.

Ke depan, Pansel juga sepakat terus mengawal komisioner hingga terpilih dengan memberikan peringatan agar para calon tidak lupa bahwa proses ini bukan dilakukan dengan biaya yang ringan dan waktu sebentar. Adakah pesan khusus dari Presiden?

"Agar semua bekerja lebih baik lagi di masa depan. Dari KY diharapkan banyak karena salah satu program pemerintah adalah pro-justice," kata Harkristuti.


EditorHertanto Soebijoto

Close Ads X