Harga Tertinggi Daging Sapi

Kompas.com - 09/09/2010, 13:47 WIB
EditorJimmy Hitipeuw

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan sembako, daging sapi justru mencapai harga tertingginya pada H-1 jelang Lebaran di tiga pasar di Wilayah Jakarta dan Depok yakni Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Minggu dan Pasar Kemiri, Depok, Kamis (9/9/2010). Di Pasar Induk Kramat Jati misalnya, daging sapi lokal dijual dengan kisaran harga Rp 70 ribu- Rp 75 ribu perkilogramnya.

Sedangkan untuk daging impor lebih murah dengan kisaran harga Rp 68 ribu- Rp 70 ribu per kilogramnya. Di Pasar Minggu, harga daging lokal tidak jauh berbeda dengan kisaran Rp 70 ribu - 73 ribu per kilogramnya.

Sementara di Pasar Kemiri, Depok harga daging lokal bisa lebih miring yakni Rp 67 ribu apabila membeli diatas lima kilogram. Menurut Hasan Bisri, pemilik los daging di Pasar Kramat Jati yang ditemui Kompas.com, Kamis (9/9/2010) harga Rp 75 ribu merupakan harga tertinggi yang dipatoknya sejak berjualan sepekan sebelum puasa.

"Untuk (daging sapi) yang lokal harga paling tinggi hari ini, Rp 75 ribu, kalau impor batas harga awalnya Rp 70 ribu," kata Hasan. Seperti penjual-penjual daging lainnya, Hasan mematok harga tinggi tersebut dengan harapan meraup laba lebih banyak dari jumlah pembeli yang diprediksi akan melonjak pada hari ini.

"Kemarin, saya jual 68 kilo daging dalam waktu setengah hari. Hari ini saya tambah jumlah kiloannya jadi 75. Semoga saja bisa habis lebih cepat," tutur Hasan.

Sementara Idris, salah seorang pembeli dilos daging Hasan justru mengeluhkan tingginya harga jual daging tersebut. Ibu dua anak ini menilai, para penjual terlalu banyak mengambil kesempatan dengan memanfaatkan hari terakhir belanja Lebaran.

"Iya kemahalan, mentang-mentang besok sudah Lebaran. Tapi mau bagaimana lagi, biar mahal. Toh tetap saya beli juga," pungkas idris yang membeli 3 kg daging sapi seharga Rp 225 ribu ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.