Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTI Banjarmasin Unjuk Rasa

Kompas.com - 04/09/2010, 18:25 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Ratusan umat Islam di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang tergabung dalam Hizbut Tahrir Indonesia, Sabtu (4/9/2010), berunjuk rasa. Mereka mengecam rencana pembakaran Alquran oleh sebuah sekte di Florida, Amerika Serikat, 11 September 2010.

Unjuk rasa dilakukan dengan cara longmarch sejauh satu kilometer dari depan Masjid At-taqwa menuju depan kantor RRI di Jalan Ahmad Yani, untuk membacakan pernyataan sikap. Usai longmarch dilanjutkan tablig di Masjid At-taqwa.

Dalam pernyataan yang dibacakan Humas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Banjarmasin, Hidayatul Akbar, HTI mengecam keras rencana pembakaran itu. Pembakaran kitab suci merupakan tindakan keji, tidak beradab, dan merendahkan keagungan dan kesucian Alquran.

"Jika rencana itu jadi dilaksanakan, maka akan memancing reaksi keras umat Islam di seluruh dunia. Karena itu kami minta pemerintah Indonesia mengambil tindakan tegas menggagalkan rencana ini," ujar Akbar.

Jika pembakaran itu sampai dilakukan, lanjut Akbar, pemerintah Indonesia harus berani memutuskan hubungan bilateral dengan Amerika. Bagaimanapun juga Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com