Sudi: Presiden Tak Ikut Campur

Kompas.com - 20/08/2010, 17:40 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi menegaskan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak ikut campur atas status bebas bersyarat mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Aulia Tantowi Pohan.

Hal itu disampaikan Sudi dalam keterangan pers sebelum dimulainya acara buka puasa bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan pimpinan lembaga negara, para menteri, serta eselon I di lapangan tengah Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (20/8/2010) sore.

Menurut Sudi, alasan kewenangan pemberian remisi dan pembebasan bersyarat ditentukan Kementerian Hukum dan HAM. "Sama sekali Presiden tidak ikut campur. Itu kewenangan Menteri Hukum dan HAM," kata Sudi.

Tidak hanya besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mendapat status bebas bersyarat. Tiga mantan deputi BI lainnya, yaitu Maman H Somantri, Bun Bunan Hutapea, dan Aslim Tadjuddin, juga kini berstatus sama. "Setelah menjalani dua pertiga masa hukuman dan dikurangi remisi, mereka masuk kualifikasi untuk menjadi bebas bersyarat," jelas Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.