Penduduk Papua Tambah di Atas Rata-rata

Kompas.com - 16/08/2010, 19:06 WIB
EditorTri Wahono

JAYAPURA, KOMPAS.com - Hasil sensus penduduk Provinsi Papua 2010 menunjukkan jumlah penduduk di provinsi paling ujung timur di Nusantara itu mencapai 2.851.999 jiwa. Ini disebabkan angka laju pertumbuhan penduduk mencapai 5,55 persen per tahun yang jauh lebih tinggi dari angka nasional senilai 1,49 persen.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Papua, JA Djarot Soetanto, Senin (16/8/2010) di Jayapura. Ditandaskan, hasil telaah BPS Papua ini masih bersifat sementara dan masih ada kelanjutan data seperti komposisi jumlah penduduk berdasarkan suku, migrasi, atau kelahiran/kematian. Laju pertumbuhan penduduk Provinsi Papua tertinggi berada di Kabupaten Deiyai (18,91) disusul Kabupaten Nduga (14,43) dan terendah Kabupaten Mamberamo Raya (0,02).

Sunoto, staf BPS Papua, menjelaskan ledakan angka laju pertambahan penduduk ini bisa jadi karena fenoma hard rock. Laju pertumbuhan terlihat tinggi karena awalnya jumlah penduduk kecil. Jadi ketika bertambah, persentase kelihatan besar.

Lebih lanjut, laju pertumbuhan penduduk Provinsi Papua tampak tinggi disebabkan beberapa faktor. Pertama, saat sensus penduduk 2000 tidak dapat berlangsung maksimal karena situasi politik memanas (tuntutan referendum dan kemerdekaan Papua) membuat beberapa kabupaten menolak disensus.

Kedua, dengan adanya pemekaran daerah, banyak wilayah yang bisa diakses sehingga pendataan lebih akurat. Djarot mengatakan jumlah pria lebih besar dibandingkan jumlah wanita. Jumlah penduduk pria 1.510.285 jiwa dan jumlah penduduk perempuan 1.341.714 jiwa dengan 661.056 rumah tangga.

Sex Ratio Provinsi Papua mencapai 113 yang berarti jumlah penduduk lelaki 13 persen lebih banyak dibanding jumlah penduduk perempuan. Kabupaten dengan sex ratio tertinggi adalah Kabupaten Mimika (130) disusul Sarmi (124), dan terendah adalah Kabupaten Dogiyai (102).

Kepadatan tertinggi berada di Kota Jayapura dengan 278 jiwa per kilometer persegi disusul Kabupaten Biak (58 jiwa per kilometer persegi). Sementara Kabupaten Mamberamo Raya paling jarang penduduknya dengan 1 orang per kilometer persegi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.