Gus Dur the Movie Dirilis Desember 2010

Kompas.com - 04/08/2010, 15:23 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com — Buat Anda yang mengagumi sosok tokoh pluralisme KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, yang juga Presiden ke-IV Indonesia, sebentar lagi Anda dapat menyaksikan film Gus Dur the Movie karya sutradara dan penulis naskah, Damien Dematra.

Damien yang juga menyutradarai film Obama Anak Menteng mengatakan, film tersebut segera dirilis pada Desember 2010.

Rencana pembuatan film ini juga telah mendapat restu dari istri almarhum Gus Dur, Ibu Shinta Nuriyah Wahid.

Menurut Damien, film Gus Dur the Movie sedianya akan dirilis bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-70 pada tanggal 4 Agustus 2010. Namun, karena Damien ingin lebih melibatkan Ibu Shinta dalam proses pembuatannya, maka film itu ditunda hingga Desember.

"Ibu Shinta baru saja menyelesaikan masa idah beberapa bulan lalu," kata Damien di acara Mengenang 70 Tahun Gus Dur bertajuk "Merawat Pluralisme", Rabu (4/8/2010) di Gedung PGI, Jakarta.

Skenario film kini tengah dirampungkan setelah berkonsultasi dengan keluarga Gus Dur.

Damien mengatakan, skenario dasar film Gus Dur the Movie sebenarnya sudah diterbitkan melalui novel berjudul Sejuta Hati untuk Gus Dur yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, tepat enam hari setelah Gus Dur berpulang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Damien juga mengatakan, awalnya sempat diwacanakan pembuatan film semi-dokumenter tentang Gus Dur guna memeringati HUT ke-70 mantan Ketua Umum PBNU tersebut. "Tapi akhirnya, baik Ibu Shinta maupun saya, sepakat untuk memfokuskan pada pembuatan film Gus Dur the Movie guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal," katanya. (HIN)  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.