Ultah Tangsel Diusulkan 26 November

Kompas.com - 28/07/2010, 22:22 WIB
EditorI Made Asdhiana

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemkot Tangerang Selatan, Provinsi Banten, mengusulkan hari jadi atau ulang tahun daerah tersebut ditetapkan pada tanggal 26 November. "Pemkot mengusulkan agar hari jadi atau ulang tahun Tangerang Selatan ditetapkan tanggal 26 November," kata Penjabat Walikota Tangerang Selatan, Eutik Suarta, di Tangerang, Rabu (28/7/2010).

Eutik mengatakan, usul penetapan tanggal tersebut dengan alasan pada 26 November 2008 telah disahkan undang-undang Nomor 51 Tahun 2008 tentang pembentukan Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Kemudian, UU 51 tahun 2008 merupakan landasan yuridis formal yang dijadikan dasar terbentuknya Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, lanjut Eutik, terdapat dua tanggal lainnya yang menjadi momen penting terbentuknya Tangerang Selatan. Yakni tanggal 29 Oktober 2008 yang merupakan tanggal sidang paripurna DPR RI untuk menyetujui Tangerang Selatan sebagai daerah otonom baru di Provinsi Banten. Tanggal tersebut, merupakan momen sejarah karena perjuangan penggagas, pelopor dan elemen masyarakat disetujui oleh wakil rakyat DPR RI.

Kemudian, tanggal 24 Januari 2009 merupakan tanggal peresmian Kota Tangerang Selatan dan pelantikan penjabat walikota oleh Gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri sebagai awal dilaksanakannya penyelenggaraan pemerintahan kota Tangerang Selatan.

"Ada tiga opsi tanggal yakni tanggal 29 Oktober, 26 November dan 24 Januari. Semua tanggal memiliki momen sejarah tetapi harus dibulatkan satu pilihan sesuai kesepakatan bersama dan Pemkot usulkan tanggal 26 November untuk di Raperda kan," ujar Eutik dalam rapat pembahasan usulan hari jadi Tangerang Selatan di gedung Puspiptek, Serpong.

Eutik berharap agar tokoh masyarakat, elemen dan pengagas serta masyarakat dapat menentukan satu tanggal hari jadi. Hal ini mengacu pada undang-undang nomor 23 tahun 2000 tentang pembentukan Provinsi Banten, undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah dan undang-undang nomor 51 tahun 2008 tentang pembentukan Kota Tangerang Selatan, maka penetapan hari jadi merupakan keharusan yang nanti ditetapkan dalam peraturan daerah.

"Kita tunggu saran dari semua pihak agar Tangerang Selatan memiliki ketetapan hari jadi," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X