Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Stagnan, Kemacetan Menghadang

Kompas.com - 27/07/2010, 19:37 WIB

Kemacetan di Kota Bandung makin sulit ditanggulangi. Hal ini terjadi akibat pertumbuhan kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan pertambahan ruas jalan. Kondisi itu diperparah dengan kendaraan dari luar yang masuk ke Kota Bandung setiap akhir pekan.

Menurut catatan Kepolisian Daerah Jawa Barat, pertumbuhan kendaraan di Kota Bandung tertinggi dibandingkan dengan daerah lainnya di Jabar. Dalam lima tahun terakhir kendaraan bermotor di Kota Bandung bertambah sekitar 60.000 unit per tahun atau meningkat 11 persen per tahun. Pertumbuhan kendaraan itu didominasi jenis sedan dan sepeda motor. Kedua jenis kendaraan itu tumbuh masing-masing 19 persen dan 14 persen per tahun.

Pesatnya pertumbuhan kendaraan bermotor itu tidak sebanding dengan panjang jalan. Lima tahun terakhir panjang jalan di Kota Bandung hanya tumbuh 1 persen per tahun atau bertambah 14 kilometer per tahun. Sementara total luas jalan 8,35 kilometer persegi atau hanya 5 persen dari luas wilayah Kota Bandung yang tercatat 167,29 kilometer persegi. Luas jalan idealnya 15-20 persen dari luas wilayah.

Jika kondisi itu berlanjut, kemacetan bisa jadi menyergap di ruas jalan utama Kota Bandung, terutama pada akhir pekan atau libur panjang. Setiap akhir pekan tak kurang dari 30.000 mobil dari luar daerah masuk ke Kota Bandung dan memperparah kemacetan di kota ini. (ERI/LITBANG KOMPAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com