Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Langka, Antrean Satu Kilometer

Kompas.com - 26/07/2010, 18:07 WIB

ENDE, KOMPAS.com — Stok bahan bakar jenis premium di Depot Pertamina Ende, Flores, NTT, Senin (26/7/2010), dilaporkan menipis sehingga antrean kendaraan bermotor di SPBU mengular.

Di SPBU Waimantar di Jalan Gatot Soebroto Ende, antrean mencapai sekitar satu kilometer karena sejak Senin pagi, semua kendaraan sudah mulai menyemut di SPBU tersebut.

Pemandangan yang sama terlihat di SPBU Ndao, sekitar tiga kilometer barat Ende, ibu kota Kabupaten Ende.

Sejumlah bus antarkota kabupaten di Pulau Flores yang seharusnya bertolak dari Ende pada pagi hari terpaksa harus menunda keberangkatannya karena masih antre di SPBU untuk mendapatkan bahan bakar.

Ketika dikonfirmasi wartawan, Supervisor SPBU Waimantar, Maria Sadipun, mengakui, stok premium yang ada di SPBU tersebut sudah habis sejak Minggu sekitar pukul 19.00 Wita.

"Kami baru mendapat pasokan lagi dari Depot Pertamina Ende untuk mengatasi persoalan itu, tetapi dalam jumlah yang sangat terbatas," katanya.

Maria Sadipun menjelaskan, kebutuhan premium untuk SPBU Waimantar biasanya antara 20 dan 25 ton setiap hari dan selalu mendapat pasokan dari Depot Pertamina Ende. Namun, dalam dua hari belakangan, pasokan dari Depot Pertamina Ende tidak sesuai kebutuhan.

"Karena menipisnya stok premium tersebut, kami mengambil keputusan untuk tidak lagi melayani pembeli eceran dengan menggunakan jeriken. Semuanya difokuskan untuk melayani kebutuhan kendaraan bermotor," ujarnya.

Pejabat Sementara Kepala Operasional Depot Pertamina Ende Remigius Julius ketika dikonfirmasi wartawan membantah adanya kelangkaan premium di wilayah Kota Ende dan sekitarnya.

"Pasokan BBM untuk Depot Pertamina Ende yang melayani kebutuhan tiga kabupaten di Pulau Flores, yakni Ende, Nagekeo, dan Ngada, mengalami keterlambatan karena kapal pengangkut terlambat tiba di Ende akibat cuaca buruk," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com