Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Nelayan Karangantu Dapat Asuransi

Kompas.com - 12/07/2010, 12:43 WIB

SERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 100 nelayan di Pelabuhan Karangantu, Kota Serang, Provinsi Banten, Senin (12/7/2010) mendapatkan polis asuransi Jamsostek. Asuransi ini untuk memberikan jaminan bagi mereka selama bekerja sebagai nelayan di laut yang kerap menghadapi risiko kerja, seperti hadangan cuaca buruk, dan lain-lain.

Penuturan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Perikanan dan Kelautan, Dedy Heriyadi Sutisna, secara bertahap program serupa akan dilakukan untuk nelayan-nelayan lain di seluruh Indonesia. Selain berasal dari APBN, diharapkan pemerintah provinsi dan kabupaten -- melalui APBD masing-masing -- nantinya juga dapat membantu para nelayan mendapatkan polis asuransi ini.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Banten, Suyitno mengatakan, jumlah nelayan di seluruh Banten sekitar 30.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar belum memiliki asuransi. "Untuk tahun depan kami akan mengusulkan program ini dari APBD provinsi. Diharapkan dari kabupaten/kota juga demikian," kata Suyitno.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Serang, Sulhi menuturkan, panjang pantai di wilayahnya sekitar 10 kilometer dengan luas perairan 64 kilometer persegi. Jumlah armada kapal tercatat 265 unit, nelayan sebanyak 1.225 orang, dengan rata-rata produksi tahun 2009 sebanyak 647,44 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com