Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buffett Sumbang Rp 20 Triliun untuk Amal

Kompas.com - 04/07/2010, 15:01 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet, yang bersumpah akan menyumbangkan 99 persen kekayaannya, kembali mendonasikan sahamnya senilai 1,93 miliar dollar AS atau hampir setara Rp 20 triliun kepada lima lembaga amal.

Jumlah ini hampir setara dengan APBD DKI Jakarta tahun 2009 senilai Rp 23,96 triliun. Dalam notifikasi pada US Securities and Exchange Commission, Buffet menyerahkan donasi tersebut, antara lain, kepada The Bill and Melinda Gates Foundation, yang didirikan oleh pendiri Microsoft, Bill Gates.

Buffet, yang memimpin firma investasi terkemuka di dunia, Berkshire Hathaway, pada 2006 lalu berjanji akan mendonasikan 10 miliar sahamnya kepada The Bill and Melinda Gates Foundation setiap bulan Juli.

Hingga tahun 2010, Buffet tercatat telah mendonasikan sahamnya di Berkshire Hathaway senilai 20,4 juta dollar AS. Harga saham Berkshire hingga Kamis lalu mencapai 78.81 dollar AS per lembarnya.

Selain itu, Buffet juga mendonasikan masing-masing 713.000 lembar sahamnya kepada Sherwood Foundation, Howard G. Buffet Foundation, dan NoVo Foundation. Sementara itu, milioner AS itu juga mendonasikan 2 juta lembar sahamnya kepada Susan Thompson Buffet Foundation.

Pakar investasi ini memang sejak lama berkecimpung di dunia filantropi. Buffet juga mendorong para jutawan AS untuk memberikan setidaknya setengah nilai asetnya kepada lembaga-lembaga amal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com