Data Sensus Sumut Belum Selesai

Kompas.com - 01/07/2010, 19:16 WIB
EditorMarcus Suprihadi

MEDAN, KOMPAS.com- Proses rekapitulasi data sensus penduduk 2010 oleh Badan Pusat Statistik Sumatera Utara diperkirakan baru rampung akhir Juli 2010. Saat ini BPS Sumut masih menunggu aliran data dari delapan kota dan 23 kabupaten.

"Sebenarnya, semua data dari seluruh kecamatan yang ada di Sumut sudah terkumpul di kota atau kabupaten masing-masing. Akan tetapi, kami tidak mungkin mengolahnya secara serentak, sehingga kami cicil," kata Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BS Sumut Panusunan Siregar di kantornya, Kamis (1/7/2010).

Saat ini, BPS kota/kabupaten mengirim data tersebut ke BPS Sumut secara bergelombang. Panusunan memperkirakan pada akhir Juli nanti semua data sudah masuk ke Sumut.

Akan tetapi, data yang sudah masuk itu tidak bisa langsung dipublikasi karena perlu diolah menjadi data matang. BPS harus mengklasifikasi dan mengedit data yang masuk.

Sensus itu sendiri telah berakhir pada 31 Mei lalu. Kemudian, BPS secara nasional menyempurnakan data melalaui program pendalaman data. Setiap BPS tingkat provinsi sampai kota/kabupaten harus memeriksa lagi setiap data yang masuk dan memastikan bahwa data tersebut sesuai dengan profil responden.

Selain itu, kata Panusunan, BPS memastikan bahwa semua warga telah disensus. Penyempuraan data tersebut berakhir pada 15 Juni 2010. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.