Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

860 Rusa Totol Huni Istana Bogor

Kompas.com - 15/06/2010, 12:20 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Sebanyak 860 rusa menghuni Istana Bogor yang merupakan salah satu dari enam Istana Presiden RI.

"Rusa adalah keunikan Istana Bogor yang menjadi daya tarik tersendiri," kata tenaga staf protokoler Istana Bogor, Junaidi, saat memandu warga yang berkunjung, Selasa (15/6/2010).

Junaidi menceritakan, rusa-rusa itu didatangkan dari Nepal pada tahun 1808 oleh gubernur jenderal Belanda yang memimpin saat itu.

Rusa-rusa tersebut sengaja didatangkan untuk menghiasi halaman Istana Bogor yang dulunya merupakan tempat peristirahatan 38 gubernur jenderal Belanda.

"Awalnya, gubernur hanya membawa enam ekor rusa, lalu berkembang biak hingga kini mencapai 860 ekor," katanya.

Kehadiran rusa-rusa tersebut menarik minat warga Bogor dan sekitarnya untuk berkunjung sambil memberi makan rusa-rusa indah yang hidup di halaman Istana Bogor itu dengan wortel.

Wortel-wortel tersebut diperoleh dari petani-petani tradisional yang siap menjajakan, terutama setiap libur akhir pekan dan hari libur lainnya.

Istana Bogor diperuntukkan bagi kegiatan kenegaraan, namun khalayak umum diperbolehkan mengunjungi secara rombongan dengan meminta izin ke Sekretaris Negara melalui Kepala Rumah Tangga Kepresidenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com