Khairul Anwar Wali Kota Dumai - Kompas.com

Khairul Anwar Wali Kota Dumai

Kompas.com - 10/06/2010, 15:49 WIB

DUMAI, KOMPAS.com - Pasangan Khairul Anwar dan Agus Widayat ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wali Kota terpilih Kotamadya Dumai, Riau periode 2010-2015, lewat rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Dumai yang dipimpin Ketua KPUD Dumai Ahmad Rasyid, Kamis (10/6/2010).

Pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan tiga partai kecil lainnya, secara mengejutkan mengalahkan calon incumbent Zulkifli AS Sunaryo nyang didukung Partai Demokrat, Golkar, PAN, PKS dan sejumlah partai menengah lainnya.

Khairul meraih angka 52.779 suara atau 49, 76 persen sementara Zulkifli AS Sunaryo mendapatkan 49.181 suara atau 46, 37 persen. Khairul memenangkan Pemilukada Dumai dengan selisih tipis 3.618 suara dengan Zulkifli. Adapun calon lain, Herdi Salioso Ibra hanya meraih 4.103 suara.

Khairul Anwar yang dihubungi usai penetapan KPUD Dumai mengungkapkan, kemenangannya merupakan kemenangan rakyat yang menginginkan perubahan di Dumai. "Ini adalah kehendak rakyat. InsyaAllah saya akan menjaga amanah itu," tegas Khairul yang merupakan salah seorang Direktur di Bank Riau.

Kemenangan Khairul yang tidak diprediksi sebelumnya sempat membuat suasana Dumai memanas dalam beberapa hari terakhir. Massa Zulkifli AS Sunaryo yang tidak dapat menerima kekalahan sempat menduduki kantor KPU Dumai selama tiga hari tiga malam. Massa meminta KPUD melakukan penghitungan ulang karena tuduhan kecurangan.

Hari Rabu malam, Zulkifli akhirnya berbesar hati meminta pendukungnya agar meninggalkan kantor KPU. Meski demikian, Walikota yang akan mengakhiri jabatannya tanggal 3 Agustus mendatang menyatakan akan menempuh jalur hukum.

Rapat pleno penetapan yang dilangsungkan di Markas Polres Dumai, hari ini siang, berlangsung tanpa gejolak. Isu adanya demo dari kelompok Zulkifli AS Sunaryo tidak terbukti. Rapat pleno kemarin hanya dihadiri oleh pasangan terpilih Khairul Anwar Agus Widayat. Wali Kota Dumai Zulkifli yang kalah dalam pemilihan hanya mewakilkan kepada Sekretaris Kota Dumai Wan Fauzi.

Gubernur Riau Rusli Zainal secara khusus mengucapkan selamat kepada pasangan kepala daerah di Riau yang memenangkan Pemilukada. Rusli berpesan agar calon yang menang dapat merangkul calon yang kalah. Sementara calon yang kalah diminta berlapang dada, karena rakyat telah me nentukan pilihan.

Ketika dimintai komentarnya tentang calon yang menang, Rusli mengaku kagum atas hasil yang diperoleh Khairul Agus Widayat di Dumai. "Mulanya saya memprediksi Zulkifli Sunaryo akan memenangkan Pemilukada Dumai, namun ternyata Khariul Anwar dapat membalikkan prediksi banyak tokoh di Riau," katanya.


EditorGlori K. Wadrianto

Close Ads X