Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa HTI Satroni Kedubes AS

Kompas.com - 01/06/2010, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar seratus massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mengepung Kedubes Amerika Serikat (AS) yang berada di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2010).

Pantauan Kompas.com, secara berkelompok melakukan longmarch dari depan pintu Monumen Nasional (Monas) menuju Kedubes AS. Mereka membawa poster-poster, spanduk, dan panji-panji sambil meneriakkan takbir "Allahu Akbar" berkali-kali.

Dari spanduk dan poster, tercermin mereka mengecam keras serangan pasukan Israel kepada kapal Mavi Marmara yang membawa bantuan kemanusian ke Gaza. Kedatangan massa HTI langsung di sambut brikade kepolisian. Meski diadang, mereka terus menggelar orasi.

Seperti diberitakan, pasukan Israel menyerang kapal Mavi Marmara, satu dari sembilan kapal misi kemanusian ke jalur Gaza yang mencoba menembus blokade Israel. Mereka tergabung dalam misi "Flotilla to Gaza" (Armada menuju Gaza) bersama 369 sukarelawan dari seluruh dunia.

Kapal itu mengangkut 10.000 ton bantuan kemanusian. Tentara Israel turun dari helikopter, masuk ke dalam kapal, dan terlibat bentrok dengan wartawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com