Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolombia Gelar Pilpres

Kompas.com - 31/05/2010, 04:59 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com - Warga Kolombia memberikan suara Minggu dalam pemilihan yang berlangsung ketat untuk mendapatkan pengganti Presiden Alvaro Uribe yang akan mengakhiri masa tugas.

Sembilan kandidat mencalonkan diri untuk jabatan puncak itu, dengan bekas menteri pertahanan Juan Manuel Santos dan bekas walikota Bogota Antanas Mockus memimpin persaingan, berdasarkan jajak pendapat. Pemilihan itu merupakan putaran pertama, dimana kesembilan calon akan berkurang menjadi tinggal dua, mungkin hanya Santos dan Mockus, dalam putaran kedua.

Pemilihan dibuka pukul 8 waktu setempat (pukul 20.00WIB). Sekitar 30 juta warga Kolomba memiliki kesempatan untuk memberikan suara mereka hingga pukul 16 waktu setempat, delapan tahun setelah Uribe memegang tampuk pemerintahan.

Uribe, yang menikmati popularitas yang sangat besar saat ia meninggalkan jabatannya, termasuk diantara orang-orang pertama yang memilih. Ia memberikan suaranya di sebuah tempat pemungutan suara di Bolivar Plaza, pusat bersejarah di Bogota.

Sebanyak 340.000 anggota pasukan keamanan dimobilisasi untuk mengamankan pemilihan, kata Menteri Pertahanan Gabriel Silva. Menurut dia, pemilihan itu akan menjadi "yang paling damai dalam 30 tahun terakhir", meskipun seorang sumber pejabat menyatakan Minggu bahwa satu tentara telah tewas dalam pertempuran di Kolombia selatan tak lama sebelum pemilihan dibuka.

Uribe yang keras telah mengambil sikap tegas pada masa pemeritahannya terhadap pemberontak Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), kelompok militan yang masih terlibat dalam bentrokan-bentrokan kecil dengan pasukan keamanan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com