Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bondan Prakoso Ingat Pesan Gesang

Kompas.com - 26/05/2010, 08:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meninggalnya maestro keroncong Gesang Martohartono membuat penyanyi Bondan Prakoso (26) tertantang untuk menciptakan lagu yang memuat unsur keroncong, seperti ”Keroncong Protol” yang dia nyanyikan bareng Fade 2 Black.

Katanya, ”Keroncong Protol” tak sekadar eksperimennya menggabungkan rap dan keroncong, atau mengawinkan musik Barat dan Timur. Ini wujud cintanya pada keroncong.

”Keluargaku main keroncong di hajatan atau acara lain. Mamaku setiap pagi mendengarkan lagu keroncong. Aku tak ingat judul lagu-lagunya, tapi aku tahu, ini lagunya Gesang, ini lagunya Sundari,” kata Bondan, pekan lalu di Solo.

Dua kali ia bertemu Gesang, 2007 dan 2008. Pada 2007 ia bersama rekan-rekannya dari Fade 2 Black memberi tahu Gesang bahwa mereka membuat lagu rap dipadu dengan keroncong.

”Beliau tertawa dan menyatakan terima kasih karena ada anak muda yang ingat keroncong. Pesannya saat itu, jangan biarkan keroncong mati,” kata Bondan.

Kepergian Gesang, 20 Mei lalu, membuat Bondan sedih. Ia berjanji akan membuat lagu berirama keroncong agar kaum muda tak lupa keroncong. (EKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com