Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Hadir Penuh di Kongres II

Kompas.com - 20/05/2010, 03:53 WIB

Jakarta, Kompas - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, selama tiga hari, dijadwalkan akan menghadiri Kongres II Partai Demokrat pada 21-23 Mei di Kota Bumi Parahyangan, Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Pembukaan Kongres Partai Demokrat, yang juga akan dihadiri Wakil Presiden Boediono dan para menteri yang berasal dari Partai Demokrat, direncanakan akan dilangsungkan Jumat malam besok dan ditutup Minggu (23/5) siang.

Kongres—yang akan dihadiri sekitar 1.200 peserta, penggembira, dan peninjau—itu direncanakan akan mengubah anggaran dasar dan rumah tangga, laporan pertanggungjawaban Ketua Umum DPP Partai Demokrat Hadi Utomo, serta memilih ketua umum DPP Partai Demokrat periode 2010-2015.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, saat dihubungi Kompas, Rabu malam, menyatakan, meski pihaknya belum mendapatkan kepastian jadwal dan agenda Susilo Bambang Yudhoyono, ia sudah mendengar rencana Presiden akan menghadiri acara tersebut.

Menjelang kongres, tiga calon ketua umum DPP Partai Demokrat menyatakan siap maju, yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Anas Urbaningrum, dan Ketua DPR Marzuki Alie. Namun, tidak menutup kemungkinan muncul nama lain.

Secara terpisah, peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Ikrar Nusa Bhakti, dalam diskusi yang digelar Demokrasi Watch, Kamis, menilai, Anas Urbaningrum masih berpeluang memenangi perebutan kursi ketua umum Partai Demokrat jika proses pemilihan berlangsung secara demokratis. ”Tetapi, kalau sudah disetel dan direkayasa, ya, sulit menang,” ungkap Ikrar. (why/har)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com