Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Brilian, China Libas Malaysia 3-0

Kompas.com - 14/05/2010, 21:04 WIB

JAKARTA, Kompas.com — Tim putra China tampil sangat brilian ketika melibas Malaysia di semifinal Piala Thomas, Jumat (14/5/2010) di Stadium Putra, Kuala Lumpur, Malaysia. Bermain di hadapan publik tuan rumah, China yang sangat difavoritkan untuk mempertahankan gelar bulu tangkis beregu putra ini menang telak 3-0.

Dengan demikian, di partai puncak yang akan berlangsung Minggu (16/5/2010), China yang sampai sekarang telah tujuh kali menggondol trofi ini akan menghadapi Indonesia, yang mengincar gelar ke-14. Indonesia melangkah ke final setelah di semifinal mengalahkan Jepang 3-1.

China mengawali pesta kemenangannya lewat tunggal pertama Lin Dan. Mantan pemain nomor satu dunia ini bermain sangat impresif untuk mengalahkan Lee Chong Wei, musuh bebuyutannya yang selalu kesulitan meraih kemenangan ketika mereka berhadapan. Dalam duel selama 48 menit, Lin Dan menang straight set 21-17, 21-8.

Pada partai kedua, ganda pertama China Cai Yun/Fu Haifeng juga tak memberi ampun ganda pertama Malaysia, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong. Kali ini, Cai Yun/Fu Haifeng yang merupakan runner-up Olimpiade Beijing 2008 tersebut hanya perlu waktu 36 menit untuk menaklukkan Koo/Tan dengan 21-15, 21-10.

China tak mengendurkan agresivitasnya meski sudah unggul 2-0. "Negeri Tirai Bambu" ini tidak mau memberikan kesempatan kepada Malaysia untuk bangkit karena di partai ketiga pun mereka kembali menuai angka. Tunggal kedua Chen Jin tak kesulitan meraih poin ketika menang 21-16, 21-10 atas Wong Choong Han, sekaligus meraih tiket ke final.

Keberhasilan tim Thomas China ini melengkapi prestasi tim Uber-nya, yang kemarin lebih dulu meraih tiket ke partai puncak setelah di semifinal menyingkirkan Indonesia dengan 3-0. Di final, Sabtu (15/5/2010), tim putri China akan menghadapi Korea Selatan, yang menaklukkan Jepang 3-1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com