Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muak Hukum, Hacker Dukung Susno

Kompas.com - 14/05/2010, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemenjaraan terhadap mantan Kabareskrim Komisaris Jenderal Susno Duadji bukan saja memicu antipati warga biasa di dunia nyata, tetapi juga para hacker Indonesia.

Mereka melawan dengan caranya sendiri, mengacak-acak berlusin-lusin situs. Pesannya tegas seperti ini, "Indonesian Hacker Dukung Susno Duaji Untuk Kebenaran. Kami "rakyat" Sudah Muak Dengan Hukum Indonesia. Mari Bersama Bpk. Susno Kita Berantas Mafia Hukum di Indonesia."

Laman sejumlah situs yang diacak itu juga dipasangi grafis foto Susno berlatar bendera merah putih yang diambil dari blog YosBeda. Mereka lalu kasih kutipan ucapan Susno, "Saya merasa tidak perlu berkompak-kompak memelihara kejahatan, lebih baik pecah untuk kebaikan."

Selain memasang grafis dengan latar belakang hitam, mereka juga menyisipkan lagu rap indie berbahasa Indonesia dengan syair yang kritis, diremix dengan rekaman pidato proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Bung Karno.

Ada pula rekaman pidato lain Bung Karno yang sedang berseru begini;

"Hayo bangsa Indonesia! Dengan jiwa yang berseri-seri, mari berjalan terus, jangan berhenti! Revolusimu belum selesai. Jangan berhenti, sebab siapa yang berhenti akan diseret oleh sejarah dan siapa yang menentang corak dan arahnya sejarah, tidak peduli tiada bangsa apapun, ia akan digiling, digilas oleh sejarah itu sama sekali."

Lazimnya hacker, mereka juga meninggalkan jejak nama tetapi hanya begini: Indonesian Hacker, | Sudden_death | Mister Fribo | mbah wahyu|.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com