Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Ideal Semakin Dekat

Kompas.com - 12/05/2010, 16:49 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Dua unggulan teratas Piala Thomas 2010, China dan Indonesia, semakin dekat mewujudkan harapan terciptanya final ideal. Dua negara ini menyegel tiket semifinal turnamen beregu putra tersebut setelah melibas lawan-lawannya pada partai perempat final, Rabu (12/5/2010) di Stadium Putra, Kuala Lumpur, Malaysia.

Tim putra China, yang berstatus juara bertahan, tak terlalu kesulitan menyingkirkan Korea Selatan, yang juga ditaklukkannya dalam fase penyisihan grup. Lin Dan membuka jalan China menuju babak empat besar setelah menang straight set, 21-16, 21-15, atas Park Sung Hwan.

"Kemarin kami berdua gugup, dan hari ini kami sudah lebih rileks," ungkap Lin Dan.

"Saya sungguh ingin meraih kemenangan sehingga tidak memberikan dia kesempatan. Kami berdua bermain lebih baik dari kemarin saat duel begitu ketat," tambah peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008.

Seusai Lin Dan, China menambah dua poin lagi dari ganda pertama Cai Yun/Fu Haifeng, yang juga menang dua set langsung, 21-11, 21-16, atas Jung Jae Sung/Shin Baek Cheol, disusul tunggal kedua Chen Jin, yang tidak terlalu kesulitan melibas Shon Wan Ho dengan 21-15, 21-12. Hasil 3-0 ini memastikan Negeri Tirai Bambu meraih tiket semifinal yang akan berlangsung pada Jumat (14/5/2010) untuk bertemu dengan pemenang Malaysia vs Denmark.

Seperti halnya China, Indonesia pun melibas India 3-0 seperti sudah diprediksi. Pasalnya, kedua negara ini sudah bertemu pada partai terakhir penyisihan grup. Tim Merah Putih yang merupakan unggulan kedua hanya mendapat perlawanan ketat pada partai tunggal pertama ketika Taufik Hidayat dipaksa bermain rubber set 21-12, 10-21, 21-17 melawan Kashyap Parupalli.

Pada dua partai selanjutnya, Indonesia tak menemui kesulitan besar untuk meraih poin. Ganda pertama Markis Kido/Hendra Setiawan menang dua set langsung 21-16, 21-17 atas Sanave Thomas/Akshay Delwakar. Simon Santoso pun menyusul dengan kemenangan atas Arvind Bhatt, 21-8, 21-10, yang memastikan "pasukan Garuda" melaju ke semifinal, untuk bertemu pemenang Jerman vs Jepang.

Tim Uber Indonesia dan Jepang ke semifinal

Dari ajang Piala Uber, Indonesia dan Jepang sudah memastikan diri maju ke semifinal. Indonesia melibas Malaysia 3-0, sedangkan Jepang menaklukkan tim favorit Eropa, Denmark, dengan 3-1.

Keberhasilan Indonesia melumat tuan rumah merupakan sebuah kejutan besar. Pasalnya, pertarungan diprediksi akan berlangsung alot dan skornya bakal ketat. Akan tetapi, kenyataan di lapangan sangat berbeda karena tiga wakil Indonesia langsung merebut kemenangan sehingga dua partai lainnya tak perlu dimainkan.

Adriyanti Firdasari, yang statusnya naik jadi tunggal pertama (seharusnya tunggal pertama Indonesia Maria Febe Kusumastuti, tetapi tidak dimainkan), bermain sangat cemerlang sehingga menang dua set langsung, 21-9, 21-16, atas Wong Mew Choo. Padahal, Malaysia punya perhitungan mereka akan meraih poin dari partai pertama ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com