KPPU Hukum 9 Maskapai Penerbangan

Kompas.com - 04/05/2010, 23:15 WIB
Editorksp

JAKARTA, KOMPAS.com  - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menghukum sembilan maskapai penerbangan untuk membayar denda dan ganti rugi senilai total Rp700 miliar setelah terbukti melakukan kartel penetapan harga fuel surcharge sejak 2006 hingga 2009.

Dalam pembacaan putusan kasus tersebut yang dipimpin oleh anggota KPPU, Anna Maria Tri Anggraini di Jakarta, Selasa, disebutkan bahwa PT Garuda Indonesia dikenakan denda dan ganti rugi paling besar yaitu Rp25 miliar dan Rp162 miliar.

Selain Garuda, PT Lion Mentari Air Lines juga dikenakan denda besar yaitu Rp17miliar dan ganti rugi sebesar Rp107 miliar.

Sedangkan PT Sriwijaya Air, PT Merpati Nusantara Airlines, PT Mandala Air Lines, PT Travel Express Aviation Service, PT Wings Abadi Airlines, PT Metro Batavia dan PT Kartika Airlines, masing-masing dikenakan denda bervariasi antara Rp1 miliar hingga Rp9 miliar.
Sedangkan ganti ruginya bervariasi antara Rp1,6 miliar hingga Rp60 miliar.


Sembilan maskapai tersebut terbukti telah menetapkan fuel surcharge secara terkoordinasi (kartel) dalam zona penerbangan 0-1 jam, 1-2 jam, dan 2-3 jam secara eksesif.
Akibatnya, konsumen dirugikan antara Rp5 triliun hingga Rp13,8 triliun.

Untuk itu, KPPU meminta pada Kementerian Perhubungan agar tidak memberikan wewenang kepada asosiasi atau perhimpunan pelaku usaha untuk menetapkan tarif atau harga seperti yang pernah terjadi pada 4 Mei 2006 oleh INACA dan sembilan maskapai tersebut.

KPPU juga meminta agar pembayaran denda atau ganti rugi dari para maskapai itu digunakan sebesar-besarnya untuk meningkatkan fasilitas bandara dan pelayanan umum kepada masyarakat.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X