DPR Bangun Gedung Baru Rp 250 Miliar

Kompas.com - 30/04/2010, 18:46 WIB
Editorksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung Nusantara I DPR mengalami kemiringan 7 derajat akibat overload alias melebihi kapasitas penghuni. DPR pun berancang-ancang membangun sebuah gedung baru.

Kemiringan Gedung Nusantara I sudah diketahui sejak beberapa waktu lalu saat dilakukan kajian oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

"Gedung itu memang sudah tidak sesuai kapasitas. Sudah overload. Saat periode DPR 2004-2009, dilakukan audit kelayakan gedung oleh Kementerian PU. Dari kajian analisis infrastruktur, ada kemiringan pondasi sekitar 7 derajat," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, saat dihubungi wartawan, Jumat (30/4/2010) sore.

Gedung Nusantara I merupakan pusat ruangan yang ditempati oleh para anggota Dewan dan stafnya. Kapasitas gedung hanya berkisar 500-an orang. Saat ini, untuk anggota DPR saja sudah mengalami penambahan menjadi 550 orang.

"Apalagi sekarang kan sudah bertambah karena ada staf ahli dan asisten pribadi. Mengingat faktor keselamatan gedung, maka diusulkan untuk diubah," ujar Taufik

Dihubungi terpisah, Anggota Badan Anggaran DPR, Bambang Soesatyo mengungkapkan, untuk pembangunan gedung baru tersebut, dialokasikan anggaran Rp250 miliar dalam APBN Perubahan.

Angka ini untuk pembangunan gedung tahap pertama. "Nanti akan dibangun di sekitar parkiran yang luas. Memang cukup khawatir juga, apalagi ketika gempa waktu itu. Ada dinding yang juga retak-retak," ujar Bambang. Saat ini, perencanaan pembangunan gedung tersebut masih dibahas di Badan Urusan Rumah Tangga (BURT). 
 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.