Siapa Menyangka RA Kartini Vegetarian

Kompas.com - 21/04/2010, 08:47 WIB
Editorwah

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sudah tahu RA Kartini vegetarian? Itu tercantum dalam surat RA Kartini sendiri kepada sahabatnya, Ny RM Abendanon-Mandri, dan suaminya pada 27 Oktober 1902. Saat itu Kartini berusia 23 tahun.

Sebagian kutipannya begini, "Kami sekarang pantang makan daging. Sudah lama kami merencanakan itu, dan bahkan beberapa tahun saya hanya makan tanaman saja, tetapi tidak punya cukup keberanian susila untuk bertahan. Saya masih muda sekali, masih berusia 14, 15 tahun." (kami menunjuk pada Kartini dan adik adiknya).

Sebagian kutipannya lagi, "Vegetarisme itu doa tanpa kata kepada Yang Maha Tinggi." Kutipan terakhir inilah yang paling populer di kalangan vegetarian. "Kartini sudah memahami vegetarian dan bervegetarian," ujar Chindy Tan, dokter gigi yang juga Koordinator Indonesia Vegetarian Society (IVS) DIY-Jateng, Rabu (21/4/2010).




Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X