Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Kegel untuk Pria

Kompas.com - 12/04/2010, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Latihan otot-otot pada bagian intim seringkali identik dengan wanita. Padahal pria juga perlu melakukan latihan ini jika ingin tahan lebih lama saat bercinta.

Anatomi otot pubococcygeus atau PC pria mirip dengan wanita. Inilah otot-otot pada tulang pubic hingga ke tulang ekor. Dengan melatih otot ini, pria juga mendapatkan manfaat yang sama dengan wanita yang melakukan kegel.

University of California di Santa Barbara melaporkan hasil penelitiannya, bahwa pria yang rajin latihan kegel secara teratur bisa mendapatkan orgasme berkali lipat. Kegel juga membantu pria untuk ereksi lebih lama dan mengontrol ejakulasi.

Temukan otot PC
Cara yang bisa dilakukan pria untuk menemukan otot PC-nya adalah dengan menahan aliran urin seperti sedang menahan buang air kecil. Otot yang aktif saat melakukan hal ini adalah letak dimana otot PC berada.

Latihan kegel dimana dan kapan saja
Jika sudah menemukan cara menahan dan melepas otot organ intim, lakukan latihan kegel kapan saja. Latihan ini tidak membutuhkan alat bantu, cukup konsentrasi saja.

Menjepit, tahan, lepaskan

Latihan kegel untuk menguatkan otot PC dilakukan dengan mengulangi gerakan seperti menahan buang air kecil, tahan, lalu lepaskan. Lakukan dengan durasi beberapa detik, lalu tingkatkan lebih lama 10 detik misalnya. Ulangi sebanyak 10 set dengan setiap set berdurasi 10 detik.

Lakukan gerakan dengan tepat
Latihan kegel yang dilakukan dengan gerakan yang tepat dan benar, bisa dilihat dari testis yang terangkat saat kontraksi dan turun saat dilepaskan. Gerakan ini sangat bisa dilatih, dalam jangka waktu empat hingga enam minggu akan terlihat perkembangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com