Gagal di Muktamar NU Kediri, Said Aqil Jadi Ketua Umum PBNU

Kompas.com - 27/03/2010, 20:06 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — KH Said Aqil Siradj akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PBNU periode 2010-2015 pada Muktamar Ke-32 NU di Makassar, Sabtu (27/3/2010). Dengan demikian, untuk lima tahun ke depan, NU akan dipimpin oleh duet KH MA Sahal Mahfudh di jajaran syuriah dan Said Aqil di jajaran tanfidziyah.

Sahal terpilih sebagai Rais Aam secara aklamasi setelah pesaingnya, KH Hasyim Muzadi, memutuskan untuk tidak bersedia dicalonkan meski telah memenuhi syarat pencalonan. Said Aqil terpilih setelah memenangkan perebutan suara melawan Slamet Effendy Yusuf.

Said Aqil mengumpulkan dukungan 294 suara, sedangkan Slamet mendapat 201 suara. Kandidat lain gagal dalam penjaringan calon karena tidak memenuhi 99 suara sebagai syarat minimal dukungan dalam pemilihan tahap pertama.

Mereka adalah Salahuddin Wahid, Masdar F Masudi, Ahmad Bagdja, Ali Maschan Moesa, dan Ulil Abshar Abdalla. Dalam dua muktamar sebelumnya, yakni muktamar ke-30 di Kediri dan muktamar ke-31 di Boyolali, Said Aqil gagal menjadi Ketua Umum PBNU.


Editoryuli

Terkini Lainnya


Close Ads X