Kebakaran Susulan Dipicu Reaksi Kimia

Kompas.com - 20/03/2010, 19:17 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) DKI Jakarta, Paimin Napitupulu, mensinyalir   api kembali muncul di lokasi pabrik sandal Swallow akibat reaksi bahan baku sandal dan zat kimia yang tertimbun di bawah puing bekas kebakaran.

"Ini kemungkinan dapat dipicu dari tumpukan bahan baku karet dan bahan kimia yang belum dibersihkan sejak peristiwa kebakaran pertama," ungkap Paimin kepada Kompas.com di lokasi kejadian, Sabtu (20/3/2010).

Paimin menjelaskan api yang melalap tempat pembuatan sandal Swallow pada Kamis (11/3/2010) lalu membuat pabrik yang terdiri tiga lantai itu ambruk. Di lantai satu terdapat bahan baku sandal dan bahan kimia lain yang mudah terbakar.

Oleh karena konstruksi bangunan pabrik ini cukup kokoh menggunakan baja, pihak pabrik sementara ini masih kesulitan untuk membersihkan puing dan reruntuhan karena harus menggunakan alat berat. Alhasil, bahan baku  yang mudah terbakar ini belum dapat dibersihkan dan menumpuk di bawah reruntuhan sehingga  memicu kebakaran susulan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X