Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhammadiyah Tak Sambut Juga Tak Tolak Obama

Kompas.com - 18/03/2010, 21:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait pro-kontra kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia pada 22 hingga 24 Maret 2010 mendatang, Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashier ikut angkat bicara.

Hadier Nashier mengungkapkan, Muhammadiyah tidak menolak, tetapi juga tidak menyambut kedatangan Presiden AS tersebut ke Indonesia. "Terkait masalah kunjungan Obama, Muhammadiyah pada intinya tidak menolak, tetapi juga tidak menyambut secara berlebihan," kata Haedar dalam acara diskusi "Menimbang Peran Strategis Muslim Indonesia di Kancah Internasional di dalam Kerangka Kebijakan Politik Luar Negeri Obama" yang digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (18/3/2010).

Meski demikian, Haedar mengajak semua pihak tetap menghormati kunjungan itu sebagai sebuah kunjungan kenegaraan. "Paling tidak kita harus menghormati tamu. Sebaiknya kita tidak melihat kunjungan Obama tersebut dari aspek kunjungannya, tapi lihat dari aspek yang akan dibicarakan dalam dialog saat kunjungan nanti," katanya.

Kedatangan Obama ke Indonesia selama tiga hari kabarnya bertujuan untuk mengesahkan hubungan kerja sama Comprehensive Partnership atau kemitraan komprehensif antara Indonesia-Amerika Serikat. Kerja sama bilateral kemitraan komprehensif Indonesia-AS sendiri akan memuat beberapa poin kesepakatan dan rencana aksi yang menyentuh semua aspek.

Kemitraan komprehensif Indonesia-AS meliputi kesepakatan dan rencana aksi di bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com