Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyanyian Angsa Nova/Butet

Kompas.com - 14/03/2010, 02:24 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir memiliki satu kesempatan lagi untuk menunjukkan bahwa mereka  adalah  ganda campuran terbaik Indonesia.

Nova/Butet akhirnya membawa nama Indonesia ikut dalam kemeriahan 100 tahun All England di  Indoor Arena, Birmingham dengan lolos di babak final ganda campuran. Di babak final mereka akan berhadapan dengan ganda China, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Nova/Butet yang merupakan unggulan kedua lolos ke final dengan menyingkirkan ganda Korea Selatan, Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung melalui pertarungan rubber game 21-16 18-21 21-8.

Bagi Nova Widianto, All England ini akan menjadi turnamennya yang terakhir bersama Liliyana Natsir. Pekan depan, pasangan ini akan dipisahkan, dengan Lilyana direncanakan mendapat pasangan baru, Devin Lahardi Fitriawan.  Pengurus PB PBSI menganggap Liliyana Natsir membutuhkan pasangan baru untuk menggantikan Nova yang telah berusia 31 tahun.

Apabila mampu memenangi final Minggu, Nova/Butet akan mampu  mengukir sejarah dengan merebut kembali gelar juara All England. Terakhir kali Indonesia menjuarai nomor tersebut saat Christian Hadinata/Imelda Wiguna menjadi juara pada 1979. Sementara Indonesia terakhir kali meraih gelar juara di All England saat Candra Wijaya/Sigit Budiarto menjuarai ganda putra pada 2003.

Dalam percakapan beberapa saat lalu, Nova mengaku belum memutuskan apa yang dilakukannya sesudah tidak lagi menjadi pemain. "Apakah menjadi profesional atau menjadi pelatih," kata Nova. Bersama Butet, ia pernah menjadi juara dunia dan meraih medali perak Olimpiade Beijing 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com