Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rozy Munir Meninggal

Kompas.com - 23/02/2010, 03:05 WIB

Jakarta, KompasKetua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Rozy Munir (66), Senin (22/2) pukul 07.50, meninggal dunia di Rumah Sakit Pelni, Jakarta. Rozy, yang menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Qatar, wafat karena menderita penyakit jantung, lever, dan ginjal.

Rozy dilahirkan di Mojokerto, Jawa Timur, 16 April 1943. Ia menikah dengan Mufidah Munir dan dikarunia tiga anak, yaitu Avianto Muhtadi, Beny Sya’a, dan Citra Fitri Agustina.

Avianto Muhtadi di rumah duka, kompleks perumahan Universitas Indonesia, Ciputat, Tangerang, Banten, Senin, menuturkan, ayahnya tiga minggu dirawat di rumah sakit.

Dari RS Pelni, jenazah Rozy dibawa ke rumahnya. Sekitar pukul 14.00, jenazah diberangkatkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, untuk diterbangkan ke Mojokerto. Ia akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Pekukuhan, Mojosari, Mojokerto.

Avianto menuturkan, almarhum yang sebelumnya berada di Qatar pulang ke Indonesia untuk mengikuti pertemuan para dubes dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah pertemuan, Rozy dirawat di RS Pelni sampai akhir hayatnya.

”Bapak itu orang nrimo. Pesan yang selalu Bapak sampaikan, jangan besar pasak daripada tiang,” kata Avianto.

Beberapa tokoh tampak melayat, seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, dan Ketua Pengurus Pusat Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa.

Jimly menilai, almarhum adalah tokoh yang berperan dalam menjalin komunikasi antarorganisasi Islam, seperti NU dan Muhammadiyah. Khofifah mengungkapkan, almarhum memiliki komitmen peningkatan kualitas sumber daya manusia di NU.

Rozy pernah menjabat Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara. (fer)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com