Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dream Job: Agen Properti Si Broker Rumah

Kompas.com - 23/12/2009, 10:14 WIB
EditorNF

Agen properti merupakan seorang mediator yang menjembatani antara pembeli dan penjual. Profesi ini juga sering disebut sebagai konsultan properti. Nama profesi perorangannya, broker. Berikut adalah wawancara majalah Chic dengan Citra Julian Sari Girsang (22), asisten broker Radja Agent Property. Mahasiswa Public Relations Universitas Budi Luhur ini sudah menggeluti profesi ini selama 3 tahun. Menurutnya, profesi ini menarik dan membantunya memperlancar komunikasi dengan banyak orang. Selain itu, waktu kerjanya pun fleksibel, sehingga ia bisa bekerja sambil melanjutkan pendidikan.

Adakah kendala dalam bekerja?
Saat ini makin banyak kantor properti bermunculan. Hal ini memacu kami untuk lebih meningkatkan kualitas marketing dengan strategi memanjakan pelanggan. Misalnya, memberi hadiah (televisi atau lemari pendingin) saat mereka membeli properti di kantor kami.

Butuh keahlian khusus untuk menekuni profesi ini?
Seorang broker biasanya memiliki pendidikan minimum D3, memiliki kendaraan sendiri, alat komunikasi, dan minimal menguasai seluk beluk sebuah lokasi.

Kira-kira, berapa penghasilan yang bisa diperoleh setiap bulan?
Tergantung nilai jual transaksi properti. Untuk komisi pun tergantung kesepakatan awal antara penjual dan broker. Namun, cukup menggiurkan.

Misalnya, nilai jual transaksi sebesar 1 milyar rupiah, maka success fee (komisi) bisa dinegosiasikan menjadi 2,5 persen  dari nilai tersebut. Namun, jika nilai transaksi kurang dari 1 milyar rupiah, komisi yang diajukan bisa 3 persen. Untuk sewa properti, komisi yang diajukan bisa sampai 5 persen.

(Erma Dwi Kusumastuti/Majalah Chic)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.