Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Soe Hok Gie kepada Generasi

Kompas.com - 23/12/2009, 00:01 WIB

Judul               : Zaman Peralihan
Pengarang       : Soe Hok Gie
Penerbit           : Yayasan Bentang Budaya
Cetakan           : V, 1995
Tebal               : XXVii-266 Halaman.

Sejarah ditulis oleh mereka yang menang, itulah pragraf yang menandai penulisan dan dunia kesaksian sejarah selama masa hampir 32 tahun Orde Baru. Setelah itu hampir pasti di pahami, dan bahkan sampai hari ini, seolah-olah orde baru terpisah dari orde lama, dan orde baru merupakan kekuatan sejarah yang berdiri sendiri. Imagologi sejarah seperti itu baru sekelumit dari banyak pembiasan kesaksian sejarah yang dikonstruksi oleh mereka yang menang atau berkuasa. Tetapi sudah merupakan kewajiban bagi suatu generasi untuk menggali kembali sejarah dan memungkinkan suatu pandangan kebenaran yang lain. Suatu catatan sejarah yang menjadi “kesaksian bagi mereka yang menjadi korban sejarah, bukan aktor utama sejarah,” itulah nasihat Albert Camus.

Fase transisi di Indonesia, baik setelah Revolusi Kemerdekaan 1945 maupun reformasi 1998 menyiskan suatu pekerjaan lain diantara pekerjaan yang mendesak dan banyak-reformasi politik, reformasi kebangsaan, reformasi kelembagaan Negara, demokratisasi ekonomi dan politik—ada tugas lain yang penting yang mungkin menolong fase transisi yang sampai hari ini belum bisa dikatakan berhasil terlewati. Yang dimaksudkan adalah penamabahan pengertian tentang sejarah politik selama hamper 70 tahun terakhir ini, karena di situ bangsa ini mungkin mencari sumber kesulitan sekarang disamping, mungkin menemukan pelajaran yang dapat melapangkan sedikit jalan keluar dari keadaan krisis sekarang ini. Bukankah yang terpenting dari setiap perubahan adalah lahirnya kesadaran historis pada masayarakatnya?

******

Catatan alternatif diluar meanstream, atau grand narasi catatan sejarah kaum penguasa yang menjadi kewajiban suatu generasi kiranya sudah dilakukan Soe Hok Gie sepanjang hidupnya sebagai intelektual yang idealis. Buku “Zaman Peralihan” yang merupakan kumpulan tulisan Soe Hok Gie di berbagai media ini adalah suara kritis sekaligus kesaksian dari anak generasi atas periode sulit orde lama-orde baru. Sebagai suatu kesaksian atas zamannya, catatan Soe Hok Gie memang sangat kental dengan subjektifisme,(mengingat Gia adalah seorang intelektual non partisan). Suatu subjektifitas yang berada pada posisi kontroversial, maka sudah barang tentu pula mendulang resiko untuk disetujui, di bantah atau pun ditolak. Namun terlepas dari ukuran untuk diterima atau di tolak, bagaimanapun Gie sudah memotofasi kita untuk selalu menumbuhkan kesegaan berpikir, dan menyikapi gejala-gejala anti Demokrasi dan dehumanisasi secara kritis. “Karena itu saya akan berani berterus terang walaupun ada kemungkinan saya akan ditindak. Lebih baik bertindak keliru dari pada tidak bertindak karena takut salah. Kalau pun saya jujur terhadap diri saya, saya yakin akhirnya saya akan menemukan arah yang tepat.” (Siapakah saya, hlm. 130)

Idealisme memang selalu mengandung risiko, itu pula yang di alami Gie dan tulisannya. Gagasan dan pribadinya yang paradoks di hadapan zamannya. Adnan Buyung Nasution pun berkomentar atas pribadi Gie dan kegiatan intelektualnya. ”Dalam hampir setiap hal atau masalah, ia merupakan batu penguji yang kokoh untuk sikap yang berani dan independen, hati yang bersih dan pikiran yang murni.” (hlm. 248)

Maka tak heran, sekian intimidasi dan teror pun menyertai langkah Gie. Sri Lestari dan Este Adi berkisah akan hal itu pada catatan tentang pribadi Gie yang Paradoksal di halaman penutup buku ini: suatu kali Gie mendapat surat kaleng dari orang yang marah dengan tulisan Gie di halaman majalah Mingguan Mahasiswa Indonesia yang mengkritik kebijakan pemerintahan Soekarno. ”Pencopet, babi, Coro. Cina yang tahu diri sebaiknya kamu pulang saja ke negerimu.” juga, ”Nasibmu akan ditentukan pada suatu ketika. Kau sekarang sudah dibuntuti. Saya nasihatkan jangan pergi sendirian atau di malam hari.” begitulah sekelumit intimidasi dan teror yang diterima Gie atas sikap idealisme, populisme dan krtisisme yang ditunjukan lewat tulisan-tulisannya yang terangkum dalam buku Zaman Peralihan ini. Teror dan intimidasi yang juga menjadi suatu gambaran sosilogis yang melatar belakangi tulisan-tullisan Gie dan zaman peralihan 1967-1969.

********

Tahun antara 1967-1969 adalah tahun transisi, zaman peralihan pada tingkat elit kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru. Lazim pada situasi transisional melahirkan pemikiran-pemikiran yang kritis dan radikal. Itu pula yang hampir menjadi ruh dan nafas catatan Gie dalam buku ini. Buku Zaman Peralihan ini berisi kumpulan tulisan Gie yang dirangkum dari tulisannya diberbagai media massa dan beberapa sumber tambahan seperti dari dokumentasi pribadi kakaknya, Arif Boediman.

Tulisan-tulisan dalam buku Zaman Peralihan ini sangat tajam dan menggigit, dan seringkali sinis. Suatu kesinisan yang wajar yang sekaligus menjadi penanda konsistensi sikap Gia pada kemanusian dan idealismenya sebagai intelektual. Maka terasa wajar bila membaca catatan Soe Hok Gie dalam zaman peralihan ini rasa kemanusiaanya seperti dirobek-robek.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com