Indonesia Juara Tiga Merokok Sedunia

Kompas.com - 21/12/2009, 20:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Koordinator Lembaga Penanggulangan Masalah Merokok (LM3) Fuad Baradja mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok terbesar nomor ketiga dari seluruh negara yang ada di dunia.

"Indonesia berada di bawah China dan India," kata Fuad dalam acara Kampanye Penyuluhan Kawasan Dilarang Merokok di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (21/12/2009).

Ia menuturkan, hal tersebut mengherankan karena Indonesia sebenarnya bukanlah negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia.

Jumlah penduduk Indonesia masih kalah dengan penduduk Amerika Serikat, tetapi lebih banyak perokok di Tanah Air dibandingkan di negara Paman Sam.

Fuad juga memaparkan, sebanyak 48 persen perokok di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara terdapat di Indonesia.

Secara global, pada 2008 terdapat enam juta kematian akibat rokok dan jumlah tersebut akan meningkat menjadi 10 juta kematian pada 2030.

"Sebanyak 70 persen dari kematian akibat rokok berada di negara-negara berkembang," katanya.

Orang masih banyak yang tidak peduli terhadap bahaya rokok karena efek merusak dari rokok didapat bukanlah dalam jangka pendek, melainkan dalam jangka panjang, yaitu sekitar 20 hingga 50 tahun.

Padahal, banyak sosok terkemuka yang meninggal karena berkaitan dengan perilaku merokoknya, seperti Jackie Onassis (istri Presiden AS John F Kennedy), George Harrison (gitaris The Beatles), dan mantan Menteri Pendidikan Fuad Hassan.

"Fuad Hassan sebelum meninggal pernah mengatakan bahwa satu-satunya hal yang ia sesali adalah menjadi seorang perokok," katanya.

Menurut dia, penyebab dari seseorang berhenti merokok biasanya karena dua hal, yaitu sakit dan meninggal dunia.


Editorbnj

Close Ads X